Inovasi Simanis
Selasa, 02 Juli 2024 | 00:53
279 ViewersSalah satu sasaran strategis Bappeda Provinsi Sumatera Barat adalah meningkatkan kualitas pelayanan organisasi dengan indikator kinerja tingkat kepuasan terhadap pelayanan internal organisasi. Agar pelayanan Bappeda Provinsi Sumatera Barat dapat terus kompetitif mengikuti kemajuan zaman, maka dibutuhkan transformasi digital supaya pelayanan kedepannya dapat lebih efisien dan efektif. Hal ini sesuai dengan arahan pemerintah pusat untuk mendorong pemerintah daerah dapat bertransformasi dalam hal penyelenggaraan pemerintahan untuk menghadapi kompetisi global.
Untuk mendukung transformasi digital tersenut maka Sekretariat Bappeda Provinsi Sumatera Barat sebagai penanggung jawab indikator sasaran Meningkatnya Kualitas Pelayanan Organisasi, mengusulkan aplikasi Sistem Manajemen Instansi (Simanis). Aplikasi ini berbasis web yang terdiri dari gabungan beberapa aplikasi layanan Bappeda Provinsi Sumatera Barat, yaitu e-Kendaraan, e-Ruangan, e-Makan Minum, Keuangan dan Arsip Bidang. Kehadiran aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan akan layanan organisasi menjadi 98 %.